Penjelasan inverter pure sine wave

Inverter Pure Sine Wave
===
Beberapa minggu yang lalu sempat ada yang ngaku - ngaku bisa membuat "inverter pure sine" tapi nggak jelas ketika di minta membuktikan.
Saat itu saya sampaikan, bukanya tidak mungkin membuat pure sine wave inverter, mungkin bahkan sangat mungkin, tetapi menjadi mahal rupiah nya dan tidak praktis ....
Tetapi kalau sumber nya 12 V terus mengaku bisa 1.000 watt itu yang kita pertanyakan, maka nya kita minta dia membuktikan tetapi tidak bisa membuktikan.
Hari ini saya sudah mempraktekkan membuat Pure Sine Wave Inverter, cara nya :
1. Membuat sumber sinyal sinus dengan frekuensi 50Hz
2. Mengumpankan pada penguat daya (power amplifier) misalkan penguat daya kelas AB.
3. Output nya yang sudah sinus (juga) kita berikan ke transformator penaik tegangan.
4. Jadilah inverter pure sine wave.
===
Kita belum bicara seberapa watt bisa di hasilkan, tetapi prinsip nya yang perlu kita pahami dahulu. berikut ekperimen saya :
1. Sumber sinyal pakai signal generator menghasilkan sinus 50 Hz dengan kuat sinyal 0,85 Vpp.
2. Dengan penguat daya (power amplifier) "OCL 400 W" di hasilkan sinyal output penguat sebesar 54 Vpp
3. Power Supply Power Amplifier menggunakan sumber tegangan sebesar +43 V - GND - - 43 V
4. Output Power Amplifier saya umpankan ke trafo dengan titik 0 -18 V
5. Output nya di ukur dengan AVO meter analog keluar 220 V (Veff).
6. Output Trafo 0 - 220 V, saya seri R 100 K dan 1K, saya pasang osiloskop di R 1K untuk melihat bentuk gelombang nya, hasilnya : SINE WAVE (full sine wave) 50 Hz.
===

No comments:

Post a Comment