FISIKA, ELEKTRONIKA dan ILMU BAHAN

Dalam membahas elektronika seringkali kita "terjebak" pada bahasan fisika atau ilmu bahan, sehingga di kampus kampus di ajarkan buku buku tebal berhalaman halaman hanya bahas tentang satu komponen.
Contoh saat membahas tentang dioda :
1. Di bahas terlalu mendalam, dan menambah kebingungan karena sampai ke teori elektron, yang pasti sulit di praktek kan karena tidak ada alat praktek nya ... sesungguh nya ini masuk Elektronika semikonduktor = ILMU FISIKA.
2. Di bahas bahan bahan pembuatan nya dan cara membuat nya sampai berpuluh puluh halaman yang juga sering membuat bingung mahasiswa pakai rumusrumus matematika tingkat tinggi yang juga nggak di mengerti, dan juga tidak ada alat praktek nya.
3. Membahas sekedar nya untuk nomor 1 dan 2 serta menekan kan sifat (fenomena) dioda bahwa dioda hanya dapat mengalirkan arus dari anoda ke katoda, hanya jika anoda nya mendapat potensial positif dan katoda mendapat potensial negatif, beserta karakteristik - karakteristik nya dan bagaimana pengaruhnya jika di hubungkan dengan komponen lain serta di beri tegangan DC atau AC .... hal ini bisa di praktekkan secara nyata ... justru inilah ILMU Elektronika yang sesungguh nya ...
===
Nomor 1 dan nomor 2 di perlukan kalau memang tujuan kita adalah "Fakbrikasi" .... tetapi kalau penekanan pada ke Elektronikaan nya maka banyak waktu terbuang sedang kan ilmu elektronika yang mesti di pelajari sangat sangat luas.
Selamat belajar .........

No comments:

Post a Comment